Begini Caranya Menghadapi Customer yang Suka Mengulang Pertanyaan

 
Posted by admin on 24th Jan, 2012

Source Pic: Element-54.com

JamesGwee.net – MUNGKIN Anda pernah sebal menghadapi customer yang berulang kali menanyakan pertanyaan yang sama. Anda telah presentasikan produk Anda dengan baik and full of energy, rasa-rasanya sudah yakin bahwa kali ini pasti goal. Namun customer balik lagi menanyakan pertanyaan sama yang sudah Anda jawab di 5 dan 10 menit yang lalu. ‘Cape deh’ gumam Anda.

 

Kebanyakan sales people tidak sabaran menghadapi tipe customer seperti ini. Sales people cenderung akan mengabaikan pertanyaan ini sambil secara langsung ataupun tak langsung berkata ‘as I told you so…’ Atau sebaliknya, merasa diri kurang berhasil lalu mencoba menjelaskan ulang hingga terjebak dalam lingkaran pembicaraan tanpa ujung.

 

 “Jika tidak yakin mengenai perasaannya, maka customer cenderung akan berkata ‘Tidak’”

 

Ketahuilah bahwa keraguan akan mengantar customer pada penolakan. Anda perlu membalikkan pemikiran mereka, dari keraguan menjadi penuh keyakinan, dari kebingungan menjadi kesepahaman, dari ketakutan menjadi 100% sure. Tentu tidak mudah, perlu analisa mengenai tingkat keyakinan serta sikap tubuh dan suara mereka. Apakah mereka telah cukup yakin dengan apa yang telah Anda sampaikan? Atau mereka hanya ingin menguji keyakinan Anda terhadap produk yang dipresentasikan?

 

Jadi amati baik-baik buying signal ini. Apabila customer terus menanyakan pertanyaan yang sama, bisa jadi customer sedang meminta konfirmasi dan klarifikasi final terhadap keputusannya. Deal is already happened! Why you have to wait? They already 90% sure untuk lakukan pembelian.

 

Jawablah pertanyaannya dengan yakin. Lakukan dengan penuh keyakinan dan percaya diri. Jawaban singkat dengan intonasi tegas dan firm akan menghapus semua keraguan dari pikiran mereka. Tidak masalah mengulangi jawaban yang telah Anda utarakan sebelumnya. “Betul Bu Yanti, produk kami menggunakan teknologi nano buatan Jepang. Garansi 1 tahun.” Singkat saja, dan tidak perlu menjelaskan detailnya lagi.

 

Mulailah isi form order. Selanjutnya langsung saja isi form order-nya agar dapat diarahkan menuju proses closing. Lakukan tanpa ragu-ragu, dengan gerak tubuh yang elegan penuh keyakinan. Tanyakan apa jenis produk yang diminati, berapa jumlah yang mau dibeli, ada permintaan khusus apa, dikirimkan ke mana, serta meminta identitas diri apabila diperlukan.

 

Yang tidak kasat mata (implisit) terkadang jauh lebih penting daripada yang terlihat jelas (eksplisit). Kandungan emas dan sumur minyak seringkali tersimpan jauh di balik permukaan tanah. Tugas kitalah untuk menggali dengan teliti dan disiplin, sambil mengamati pola-pola sukses yang pernah dilakukan mereka yang sudah berhasil.

 

Mari sharingkan pengalaman Anda berhadapan dengan tipe customer yang suka mengulang pertanyaan seperti ini. Have a fantastic day ahead!


01
Comment
  • Diana on February 7, 2012

    pgn ikut nimbrung one day, :D

     Reply

Reply Comment



Twitter

LATEST BLOG COMMENT

  • wilbert..situmeang:
    "Sebagai marketer....kemampuan mengompori harus diasah, agar pelanggan segera take action."

  • benaya:
    "james gwee ur my master of marketing.thx"

  • admin:
    "Bu Susianah, Kelas Silver akan mendapat Handout Materi, Sertifikat Seminar, dan Lunch. Tentunya akan ada hardcopy Handout Materi Seminar. Kami menanti tim Daikin untuk dapat bergabung dalam seminar y"

  • OTHER PRODUCTS

    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success
    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success Price : Rp. 40000,- Contains 1. Change Result and Action 2. Leaders...
    more

    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1
    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1 Price : Rp. 40000,- Sales People MUST listen to this Contains 1. Selling...
    more