Computer vs Sales People

 
Posted by admin on 25th Jan, 2012


Source pic: Franz Steiner

JamesGwee.net – Google, Blackberry, dan Online Shop telah mengubah behaviour customer untuk selamanya. Cari supplier, informasi harga, membandingkan fitur dan pelayanan, serta melakukan pemesanan sekarang tinggal di ujung jari. Informasi jadi lebih mudah dan realtime untuk diakses customer. Dan customer pun akan semakin cerdas dan demanding.

Teknologi terus melaju kencang. Jangan heran apabila muncul the next big thing teknologi lagi. Anda sudah pernah mendengar Hukum Moore yang menyatakan prosesor komputer bertambah kecepatannya dua kali lipat dalam 18 bulan. Artinya computer (Blackberry, Google, Online Shop) akan semakin pintar.

And now, how you sales people can compete in this age? Can you compete with that computer? How will you differentiate yourself?

Untungnya komputer punya kelemahan. Komputer tidak bisa sehangat manusia, belum semua informasi juga terangkum di dunia web, dan tidak bisa memberikan solusi spesifik apabila tidak diprogram pemiliknya. And of course, this will be your point of differentiation.

Sales people, sebaliknya gunakan teknologi untuk memperkuat differensiasi Anda. Menangkan persaingan dengan cara:

Lebih informatif. Berikan informasi selengkapnya mengenai produk Anda, kompetitor, dan perkembangan industri Anda. Anda bisa gunakan Google Alert untuk memonitor berita terbaru langsung dari handphone. Masukkan kata kunci mengenai merek Anda, merek kompetitor, ataupun keywords penting di dalam industri Anda. Maka Anda akan mendapat update harian berita-berita seputar merek atau keywords tersebut langsung ke email / smartphone Anda. Knowledge will be your powerful value added.

Lebih ter-connect. Terus bertemu dengan orang-orang baru berkualitas melalui seminar dan acara networking. Manfaatkan juga jejaring sosial Linkedin untuk mengenal professional dari berbagai industri dan berdiskusi secara produktif dalam fitur Group-nya. Siap sedialah membantu customer melalui network Anda.

Lebih mendengarkan. Dengarkan baik-baik needs customer. Gunakan Tweetdeck untuk memonitor pembicaraan terkait merek Anda, merek kompetitor, ataupun keywords penting dalam industri Anda. Lalu carilah cara untuk menolong mereka. Anda bisa menggunakan Twitter dan Facebook untuk lebih dekat secara personal. Not because of money, but with sincerity to help them.

In short: be a sponge, get wired, be a light.

Dan Anda pun bisa mengalahkan komputer. Bravo!


02
Comments
  • Chandra H Siahaan on January 31, 2012

    Pembelajaran yang sangat berharga buat saya, saya sangat suka bagian yang k-3. Mendegarkan.

     Reply

  • ASEP on November 6, 2012

    Menjadi pendengar yang efektip akan jauh lebih baik daripada BERBICARA banyak. Telinga akan merespon lebih cepat hingga ke otak.Ingat kita dianugerahi oleh Tuhan 2 [dua] telinga. Telinga sebelah kanan dan telinga kiri TETAPI Tuhan menganugerahi kita ‘cuma’ 1 [satu] mulut. Apa rahasia dibalik semua ini ? coba kita renungkan.

     Reply

Reply Comment



Twitter

LATEST BLOG COMMENT

  • Akhmad Sinclair:
    "Keren, makasih akan saya praktekan bos, semoga ilmunya yg dibagikan ini membuat saya semakin succes"

  • Johnc395:
    "I am so grateful for your blog article.Really thank you! Fantastic. febgekcebebk"

  • Umiabie:
    "Saya setuju pak, bahwa menerangkan sisi logis pada sebuah produk tidak cukup untuk penjualan yang efektif. diperlukan lebih dari itu. salah satunya teknik mengompori diatas. thanks atas penjelasannya "

  • OTHER PRODUCTS

    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success
    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success Price : Rp. 40000,- Contains 1. Change Result and Action 2. Leaders...
    more

    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1
    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1 Price : Rp. 40000,- Sales People MUST listen to this Contains 1. Selling...
    more