Kebenaran Tentang Sales yang Perlu Anda Ketahui

 
Posted by admin on 21st Jan, 2012

JamesGwee.net – “JAMES, topik apa yang paling canggih dalam dunia sales belakangan ini?” Sering sekali orang menanyakan hal ini dalam berbagai seminar dan pelatihan saya. Banyak orang berharap selalu ada magic formula untuk kalahkan lawan, secret weapon untuk hancurkan musuh sekejap, tidak perlu susah-susah belajar, dan tidak perlu effort dan investment besar.

Tentu saja saya terus berusaha memberikan hal-hal baru kepada mereka. Untuk itu, saya harus selalu research dari berbagai sumber terpercaya, rekan-rekan businessman, serta guru-guru sales dunia. Namun demikian, semakin banyak saya belajar, semakin sering saya menyadari dan mengerti satu kebenaran dalam dunia sales. And the truth is…

“There is nothing new about selling!”

 

Kenyataannya, setelah Anda menyingkirkan semua jargon dan istilah-istilah keren dalam dunia sales, maka hanya akan tersisa 4 prinsip berikut:

 

Selling is a Process

Seperti halnya aktifitas lain, sales adalah sebuah proses. Serangkaian tahapan yang apabila dilakukan menurut prinsip yang benar, maka akan membawa customer pada keputusan pembelian. Sales juga merupakan mata rantai (value chain) dari kegiatan-kegiatan lain. Jika Anda menjalankan tahapan kegiatan dengan prinsip-prinsip yang benar, maka Anda memiliki kesempatan besar untuk sukses.

Selling is a Numbers Game

Sales adalah permainan angka. Sebenarnya, sales didasarkan pada hukum rata-rata. Makin banyak prospek yang Anda approach, makin besar peluang Anda. Makin banyak Anda menawarkan, makin besar kemungkinan Anda melakukan closing. Makin banyak happy customer yang Anda punya, makin besar kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan referensi dari mereka. Ini hanya masalah ‘semakin banyak, semakin baik’.

Selling is All About Having Inter-personal Communication

Sales berkaitan erat dengan kemampuan komunikasi dan membina hubungan. Kita semua adalah makhluk sosial. Kebanyakan kita membuat keputusan pembelian lebih karena sisi emosional dibandingkan rasional. Dan relationship yang erat akan memberi ikatan emosional yang kuat. Survey dari sebuah perusahaan asuransi jiwa mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk menjadi nasabah adalah sebagai berikut:

Kesimpulannya, jadi atau tidak seseorang membeli dari Anda sangat tergantung dari apakah mereka suka atau tidak kepada Anda, menghargai Anda, mempercayai Anda, menyayangi Anda, merasa memiliki kewajiban membeli dari Anda karena Anda begitu baik dan suka menolong. Atau karena masih teman baik Anda ataupun teman baik ayah Anda, dan lain-lain. Tentu faktor utamanya adalah interaksi yang Anda bangun dan komunikasi pribadi yang baik.

Selling is All About Discipline

Sales adalah masalah disiplin. Inilah perbedaan antara sales people sukses dan yang tidak:

 

“Successful sales people have learnt to DO WELL
 the things that unsuccessful sales people DO NOT like to do”

 

Sudah bukan rahasia lagi, penjual yang sukses lebih disiplin dan mereka tetap mengerjakan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan, walaupun mereka tidak suka. Di sisi lain, penjual yang tidak sukses akan mencoba mencari 1001 alasan untuk menghindar dari pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan, karena mereka tidak menyukai untuk mengerjakan hal tersebut.

 

“Sales is often a case of doing what you HAVE TO DO,
not only what you LIKE TO DO”

 

Beri makan otak Anda dengan insight-insight sales dan manajemen. Sumbernya banyak: majalah marketing dan sales, buku-buku best seller, website di bidang terkait, twitter para pakar, radio bisnis, ebook mengenai sales, CD-CD seminar, dan semacamnya. Seleksi mana yang benar-benar memberikan “how-to” dan mana yang “hanya wacana”. Pelajari prinsip dasarnya dengan seksama, lalu terapkan dengan disiplin.

Terkadang kita terjebak dalam kerumitan istilah dan konsep yang seolah ‘wah’ namun membingungkan dalam praktik. Luangkan waktu untuk memahami prinsip-prinsip dasarnya. Karena kasus di lapangan bisa sangat rumit dan bervariasi. Maka jangan sekedar hapal rumus, tapi basic concept and principles, itulah yang akan membawa Anda pada kesuksesan.

Be fantastic and be cool in chasing your success. Masa depan perusahaan ada di tangan Anda. My pray and best wishes for you! Ikuti Public Seminar terbesar di awal 2012, The Sales Champion dan dapatkan teknik fantastis untuk roketkan penjualan Anda.


02
Comments
  • sri haryani on April 22, 2012

    Saya baru bergelut di dunia sales sekitar 6 bulan yang lalu namun saya belajar, membaca dari tulisan anda jauh..jauh sebelum akhirnya saya tanpa sengaja masuk ke dunia sales. bekal ini memudahkan saya untuk mendapatkan prospek lebih mudah dari yang saya bayangkan. Luar Biasa..Terimakasih inspirasinya..

     Reply

  • adam on October 16, 2012

    saya ingin mengetahui dari arti dan makna dari paradikma salesman propesional, mohon dijelaskan secara detail. terima kasih

     Reply

Reply Comment

LATEST BLOG COMMENT

  • Akhmad Sinclair:
    "Keren, makasih akan saya praktekan bos, semoga ilmunya yg dibagikan ini membuat saya semakin succes"

  • Johnc395:
    "I am so grateful for your blog article.Really thank you! Fantastic. febgekcebebk"

  • Umiabie:
    "Saya setuju pak, bahwa menerangkan sisi logis pada sebuah produk tidak cukup untuk penjualan yang efektif. diperlukan lebih dari itu. salah satunya teknik mengompori diatas. thanks atas penjelasannya "

  • OTHER PRODUCTS

    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success
    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success Price : Rp. 40000,- Contains 1. Change Result and Action 2. Leaders...
    more

    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1
    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1 Price : Rp. 40000,- Sales People MUST listen to this Contains 1. Selling...
    more