Salesman Kompor

 
Posted by admin on 10th Jul, 2012

JamesGwee.net | Kebanyakan Sales people sangat baik dalam menjelaskan produk. Kinerja produk, fitur safety, cara kerja, manfaat khusus, perbedaan dari kompetitor, dan segudang product knowledge lainnya. Berharap dengan menjelaskan sisi logis, customer akan berpikir ‘masuk akal ya’ dan membeli.

Sayangnya kebanyakan customer bukanlah tipe yang cepat mengambil keputusan. Apalagi bila dihadapkan dengan terbatasnya budget yang tersedia. ‘Saya pikir-pikir dulu ya’ adalah jawaban standard yang biasa diberikan. Apabila kita menyerah di titik ini, maka kita membuka pintu bagi sales people lain untuk masuk. Dan jangan heran apabila ternyata si customer akhirnya membeli dari kompetitor. Padahal 50% dari pekerjaan kompetitor untuk menjelaskan ternyata dilakukan oleh kita sebelumnya.

Sales people jangan hanya bisa menjelaskan, namun juga harus bisa mendorong customer untuk mengambil keputusan pembelian. Harus bisa jadi Salesman Kompor. Salesman Kompor tidak akan puas kalau sekadar customer menjawab, “Oh iya, saya mengerti”. Pengertian dan pemahaman adalah tugas utama para dosen. Salesman Kompor baru puas apabila customer bersemangat bilang “Oh iya. Shit! I want to buy now.”

Belajarlah untuk “memanasi” customer Anda. Memberikan semacam “soft push” bagi customer untuk maju selangkah ke depan menuju keputusan pembelian akan membuat Anda lebih cepat mencapai target penjualan. Berikut ini beberapa contoh cara menjadi Salesman Kompor:

1. Ajarkan untuk Take Action. Arahkan customer secara halus untuk mengambil tindakan penjualan. Terkadang beberapa customer berpikir agak bertele-tele padahal sebenarnya sudah mau. Mereka hanya perlu dikondisikan untuk mengambil langkah ke depan. Misalnya dengan menyodorkan form pembelian dan pena.

2. Permudah Jalannya. Bantu customer Anda dengan meruntuhkan tembok-tembok yang menghalangi pembelian. Terkadang customer melihat suatu masalah secara berlebihan. Anda perlu mengambil tindakan dengan memberi alasan-alasan yang meringankan.

3. Beri Peringatan. Beri diskon atau manfaat dengan batas waktu tertentu. Bisa juga dengan memberi peringatan kesulitan yang mungkin terjadi apabila keputusan tidak diambil sekarang.

Dengan didasarkan pada fakta yang benar semoga semua tips di atas akan membantu Anda mencapai target. Tinggalkan komentar Anda pada kolom di bawah untuk menginspirasi rekan sales people lainnya.

Dapatkan inspirasi-inspirasi sukses untuk mencapai target 2012 dengan mengikuti Seminar “Selling in the Last Quarter: Go All Out!” pada 15 September 2012. Klik link ini untuk pendaftaran.


07
Comments
  • wilbert..situmeang on July 13, 2012

    Sebagai marketer….kemampuan mengompori harus diasah, agar pelanggan segera take action.

     Reply

  • Pither on July 28, 2012

    Sebagai sales harus menguasai medan dan produk yg akan di jual

     Reply

  • satuwaktu.net on October 2, 2012

    tapi awas bang,jangan sampai jadi kompor meleduk. Sebab bisa-bisa bukan sales yang didapat tapi malah gosong.. Perlu strategi yang cerdas untuk menjadi kompor yang sukses dan bernilai jual tinggi

     Reply

  • ASEP on November 5, 2012

    Sisi penjualan adalah sudah menjadi ujung tombak-perusahaan menguasai prospek sudah menjadi kewajiban pelaku marketer. Dari sisi mana dulu prospek harus kita sentuh agar prospek merasa nyaman sehingga ia bisa take action dengan tepat dan efektip.

     Reply

  • susanto on December 12, 2012

    luar biasa..cuman teori yah teori..prakteknya perbedaan harga produk tetap menjadi masalah utama orang membeli

     Reply

  • Umiabie on April 22, 2014

    Saya setuju pak, bahwa menerangkan sisi logis pada sebuah produk tidak cukup untuk penjualan yang efektif. diperlukan lebih dari itu. salah satunya teknik mengompori diatas. thanks atas penjelasannya yang inspiratif..

     Reply

  • Akhmad Sinclair on October 22, 2014

    Keren, makasih akan saya praktekan bos, semoga ilmunya yg dibagikan ini membuat saya semakin succes

     Reply

Reply Comment

LATEST BLOG COMMENT

  • Akhmad Sinclair:
    "Keren, makasih akan saya praktekan bos, semoga ilmunya yg dibagikan ini membuat saya semakin succes"

  • Johnc395:
    "I am so grateful for your blog article.Really thank you! Fantastic. febgekcebebk"

  • Umiabie:
    "Saya setuju pak, bahwa menerangkan sisi logis pada sebuah produk tidak cukup untuk penjualan yang efektif. diperlukan lebih dari itu. salah satunya teknik mengompori diatas. thanks atas penjelasannya "

  • OTHER PRODUCTS

    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success
    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success Price : Rp. 40000,- Contains 1. Change Result and Action 2. Leaders...
    more

    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1
    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1 Price : Rp. 40000,- Sales People MUST listen to this Contains 1. Selling...
    more