The Truth About Selling ( Part 1 )

 
Posted by admin on 8th Jan, 2013

Salam Fantastic !

Sudahkah orang-orang sales perusahaan Anda didaftarkan dalam Public Seminar James Gwee , 30 Januari 2013, “ Triple Your Sales – Excel in The 8 Critical Stages of The Sales Cycle” ?

Berikut ini,  kami kirimkan artikel yang akan menjadi pelajaran dalam seminar tersebut.

Pada artikel sebelumnya kita secara khusus telah mendiskusikan tentang tahap pertama dari sales process yakni mencari petunjuk (Getting Leads). Pada artikel ini kita akan mendiskusikan tahap berikut dari sales process secara detil:

Tahap 2. Menelepon untuk membuat janji

Sales process yang sebenarnya dimulai dari bagaimana Anda menelepon prospek Anda untuk membuat janji bertemu. Ada beberapa skenario yang mungkin terjadi: (a) menelepon dan berbicara langsung dengan prospek Anda atau (b) melalui proses screening terlebih dahulu dari sekretarisnya.

Skenario (a) Jika Anda benar-benar cukup beruntung dapat berbicara langsung dengan prospek pelanggan, Anda HARUS menarik perhatiannya SESEGERA MUNGKIN!

Sebelum melakukan hal itu, tujuan Anda untuk menelepon pun harus sangat jelas. Ada beberapa tujuan kita menelepon:

  1. Hanya menyapa (say “hi”) dan membangun relationship. Jadi Anda dapat melepon lagi sehari atau seminggu kemudian untuk membuat janji bertemu, atau untuk mendiskusikan penawaran Anda dengan lebih detil.
  2. Melakukan follow-up tentang apa yang sudah didiskusikan ketika Anda pertama kali bertemu dengannya beberapa hari lalu.
  3. Memperkenalkan diri Anda (sebab kalau kita tidak benar-benar menarik perhatian atau unik, kebanyakan orang akan lupa siapa-siapa saja yang pernah mereka temui).
  4. Mencari beberapa informasi awal agar dapat memutuskan apakah orang ini merupakan prospek yang bernilai bagi Anda.
  5. Mencari beberapa informasi awal agar Anda bisa  tahu siapa sebenarnya pengambil keputusan dalam perusahaan ini dan pendekatan terbaik apa yang dapat dilakukan untuk berhubungan dengan orang tersebut.
  6. Mencari beberapa informasi awal untuk mencari tahu proses pengambilan keputusan di dalam perusahaan tersebut.
  7. Membuat janji untuk ketemu.
  8. Membuat prospek pelanggan Anda tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan sehingga dia akhirnya ingin mengetahui lebih banyak (dan hal ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk bertemu dia).
  9. Menjual produk Anda melalui telepon

Sekali Anda mengetahui dengan jelas tujuan Anda, siapkanlah sebuah PANDUAN (script) sehingga Anda terlihat profesional, percaya diri dan meyakinkan. Anda harus mempersiapkan jawaban-jawaban yang meyakinkan, menarik, dan kreatif untuk setiap alasan, keberatan dan upaya mengelak yang mungkin dilakukan oleh calon pelanggan. Panduan ini harus dapat menjawab dalam satu kalimat, pertanyaan dasar yang akan muncul: “Seberapa besar produk Anda memberi benefit kepada saya, jika saya meluangkan waktu dari jadwal yang begitu sibuk ini untuk bertemu Anda?”

Happy Selling !

(Pemahaman pelajaran di atas  akan menjadi tambah lengkap,  dengan mengikuti  “James Gwee Integrated Power Seminar Series” selama satu hari pada tanggal  30 Januari 2013, di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta  dengan topic :  “Triple Your Sales “ Excel in the 8 Critical Stages of The Sales Cycle .  Lihat video James Gwee tentang seminar ini ( klik)

http://www.youtube.com/watch?v=bfOgNveoV8A

 Pendaftaran seminar : Academia Education & Training, 021-6011121 atau kunjungi www.jamesgwee.net   (Tempat Terbatas)


Reply Comment

LATEST BLOG COMMENT

  • Akhmad Sinclair:
    "Keren, makasih akan saya praktekan bos, semoga ilmunya yg dibagikan ini membuat saya semakin succes"

  • Johnc395:
    "I am so grateful for your blog article.Really thank you! Fantastic. febgekcebebk"

  • Umiabie:
    "Saya setuju pak, bahwa menerangkan sisi logis pada sebuah produk tidak cukup untuk penjualan yang efektif. diperlukan lebih dari itu. salah satunya teknik mengompori diatas. thanks atas penjelasannya "

  • OTHER PRODUCTS

    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success
    Positive Business Ideas For Personal & Professional Success Price : Rp. 40000,- Contains 1. Change Result and Action 2. Leaders...
    more

    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1
    Positive Business Ideas For Champion Sales - Part 1 Price : Rp. 40000,- Sales People MUST listen to this Contains 1. Selling...
    more